Place for me to write about Japanese rock music and my random (and sometimes weird) experiences.

Please leave comment and enjoy! ^__^


30/03/12

[Review] YU SHIROTA - UNO

#np: Sisyphus-nya U a.ka. Shirota Yu
#mood: demo sialan, gw ngga jadi transaksi DVD gara2 lo. Kalo demo jangan nyusahin orang kenapa sih?


Ehm. Demo. Bisa ngga sih ngga nyusahin orang, bikin macet, dan ngga rusuh? Demo ya teriak2 aja di depan gedung DPR, Bunderan, HI, dll, asal jangan nyusahin orang aja. Lo pada mau jahit mulut, puasa makan, cap darah, koprol, gelar tiker, gebuk2 panci, kemah, goyang gayung, joget2, dll juga oke asal ngga nyusahin orang. Kalo gini kan sama-sama rugi padahal lo bilangnya belain rakyat.

Maap, saya emosi. Abisnya udah ngatur rencana sejak seminggu lalu tetep aja ngga jadi2.

Eniwei, gw udah dengerin satu albumnya si U nih. Perlu dibahas ngga? Perlu ye, pan ini blog gw hahaha....

Album ini terdiri dari 15 lagu, cukup banyak buat penyanyi solo macem U karena ini adalah album solo pertamanya. Karena dia punya darah Spanyol dari nyokapnya dan pernah hidup di Spanyol sampe umur 7 tahun, jadi di albumnya ini ada nuansa-nuansa Spanyol gitu dan sebagian besar lagunya bertema pop. Eniwei, si U juga berbaik hati ngasi translate bahasa Jepang dari lirik yang berbahasa Spanyol.


Sisyphus

Gw lagi dengerin nih. Ngga slow sih, tapi suasananya jadi galau dan suram2 gimana gitu dengan suara biola dan cello dari awal sampe akhir. Apalagi PV-nya juga ekspresi mukanya si U kayak putus asa gitu. Namanya juga U, tetep ada nuansa Spanyol di lagu ini. Gw ngga tau apa namanya, tapi gw suka suara drum-nya. Berhubung ini lagu dijadiin singel di album ini, gw jadi cukup akrab dengernya.

Worth Fighting For ft. Howie D

Iye, dia kolaborasi sama personilnya Backstreet Boys, HOWIE D. Di awal lagu pake bahasa Spanyol gitu dan gw akuin lafal Inggris-nya U ngga kalah sama si HOWIE. Vokal mereka sama-sama jernih. Lagunya romantis sih, berkesan R n B gitu. Halah, sotoy banget gw. Tapi pas di tengah-tengah gw ngga terlalu demen sama kolaborasi suaranya U en HOWIE D. Eiya, si U juga nyanyi lagu ini pake bahasa Jepang. Overall, gw lebih suka versi ini daripada versi Jepangnya.

序章~Destiny~

Diawali pake suara gitar yang bikin nuansa Spanyol kerasa, terus dilanjutin sama omongannya U pake bahasa Jepang campuran Spanyol. Berhubung gw ngga ngerti ya gw manggut2 aja.

刹那 ~a sandglass of fate~

Entah kenapa gw ngga terlalu suka lagunya, meski gw udah dengerin lagunya jauh sebelum albumnya dirilis. Musik-musiknya sih hampir mirip kayak Sisyphus, bedanya dia ada tambahan akordion sama ngga ada suara drum kayak di Sisyphus. Reff-nya bernuansa Spanyol sekali. Rada ngingetin gw sama Sad Tango-nya RAIN. Hehehe...

la flor abandonada

Dibandingkan sama lagu  刹那 ~a sandglass of fate~, lagu yang artinya abandoned flower ini cukup ringan. Ngga terlalu banyak ornamen berbau Spanyolnya. Temponya juga lebih cepet dari lagu sebelumnya.

Heart of Glass

Lagu favorit gw. Lagu ini dijadiin singel dan keluar lebih dulu dibanding Sisyphus, tapi tetep aja gw ngga bosen2 buat dengerin. Temponya cepet, jadi bikin semangat dan joget2 gimanaaa gitu, apalagi gw suka suara pianonya. Gw udah liat PV-nya dan menurut gw cukup simpel dengan permainan warna dan mukanya U yang emang mendukung (ehm). Cuma mungkin menurut sebagian orang lagu ini rada ngebosenin yah.
"Baby I love you, I can't live without you..."

Obstinacy ft. Kana Tachibana

Di album ini U duet sama Kana Tachibana, penyanyi yang dulu sempet gabung di grup bernama Dream di bawah Avex Trax. Awal lagunya cukup unik yah, tapi nuansanya jadi rada suram gimana gitu. Menurut gw nadanya hampir mirip sama la flor abandonada sih... bener ngga? Di bagian tengah lagunya juga unik sekali.

U

Lagu ini biasa-biasa aja sih menurut gw hehehe... tapi ngga ada salahnya didengerin, meski berasa kayak dengerin lagunya boyband gitu. Gw suka suara gitarnya.

FTL ft. Daichi

Wow, lagunya rada enak buat ngedance, apalagi pake tambahan beatbox, jadi bikin lebih bervariasi. Namanya juga U yah, ngga ketinggalan suara gitar ala Spanyolnya. Eniwei, gw belom tau Daichi mana yang diajak kolaborasi di sini. Apakah dia yang jadi suara beatbox-nya?

夏の終わり

Ini judulnya Natsu no Owari, dulu pernah dibawain sama U dengan nama Shirota Yu secara akustik waktu dia bergabung di boyband D-Boys. Ada PV-nya juga sih di mana dia pake baju merah dan keliatan desperate banget di sebuah rumah. Tapi kali ini dia bawain lagu yang sama dengan tambahan musik sana-sini dan suara yang sangat bagus. Bisa diliat perbandingannya yah waktu dia nyanyi pake gitar dulu sama yang sekarang. Lagunya sebenarnya rada sedih, tapi temponya ngga dibikin lambat-lambat banget.

Mentirosa ft. 城田純

Di sini U duet bareng kakaknya yang bernama Shirota Jun, dia anggota band Alma kalo ngga salah. Dia nge-rap di lagu ini pake bahasa Spanyol campur Jepang, si U juga ikutan nge-rap di beberapa bagian. Ternyata cukup berbakat juga yah si U, suaranya cukup enak. Bisa ditebak jenis lagunya kayak gimana kalo pake rap2 gitu. Arti dari Mentirosa itu adalah lie ato bohong.

Cuando se ama

Artinya adalah "when you love", cieeh... emang lagunya romantis yah, pake suara gitar, piano, dan biola. Di sini suaranya U keren banget, apalagi pas masuk reff. Dia nyanyi pake bahasa Spanyol di sini. Bagi yang ngga ngerti arti lirik lagunya, cukup dengerin lagunya aja udah tau kok intinya dan ending lagunya juga cukup manis :)

Beautiful Morning

Instrumental. Tapi berasa kayak suasana pagi di Spanyol, di mana ada suara burung sama lonceng gereja.

Wedding Song ft. 山崎育三郎

Ini lagu yang sangat sangat indah, gw jamin. Romantis banget, namanya juga wedding song yah. Waktu pertama kali dengerin, gw langsung suka. Suara vokalnya si U dan 山崎育三郎 juga serasi, memberi kesan lembut ke lagunya. Berasa kayak masuk ke altar sambil pake gaun pengantin gitu ngga, sih?

Love & Peace

Sebuah lagu penutup yang pas, kayak happy ending gitu. Lagunya gampang dimengerti maunya kayak gimana, temponya ngga terlalu cepet. Meski gw ngga denger ada suara-suara yang mengindikasikan ke-Spanyol-an lagu tersebut, tapi tetep enak buat didenger.

Yes. Selesaaai.... *tepok tangan*

Gw posting foto-fotonya U juga yah.

Dari PV Heart of Gold:


Foto buat salah satu singelnya:



Sama HOWIE D.


Waktu acara jumpa fans:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar